Lalu apa hubungannya dengan IMK ?
Hubungannya sangat erat, setelah membaca sedikit ulasan saya diatas mengenai tampilan antarmuka program komputer maka kita (saya asumsikan kita adalah calon Software Developer) pasti berpikir dengan adanya perkembangan komputer yang sudah mendukung antarmuka grafis, kita dapat memudahkan user yang menggunakan aplikasi kita untuk lebih mudah mengoperasikan software/aplikasi yang kita buat dengan memanfaatkan grafis dan komponen antarmuka lainnya. Nah, maka dari itu ada baiknya kita tahu bagaimana membuat tampilan antarmuka yang sesuai dengan aplikasi kita.
Apa itu IMK ?
Setelah kita tahu ulasan sedikit diatas, kita setidaknya tahu secara mendasar apa itu IMK atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal Human Computer Interaction (HCI). Berikut ini saya kutip tafsiran tentang IMK yang ditulis di Wikipedia.
Interaksi Manusia Komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan secara digital. - Wikipedia -Lalu kalau saya sendiri sih menafsirkannya
Interaksi Manusia Komputer adalah suatu ilmu yang fokus pada bagaimana merancang tampilan antarmuka aplikasi sehingga mendukung fungsi dari aplikasi tersebut.Contohnya : Microsoft Word yang dirancang dengan Toolbar sehingga lebih mudah digunakan, namun Toolbar tersebut tidak hanya asal dibuat namun ada tujuan untuk memudahkan user. Nah IMK adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merancang desain yang baik, dan berguna.
Desain Meningkatkan Kegunaan (Usability)
Pastinya dengan adanya tampilan yang bermanfaat akan meningkatkan kegunaan dari aplikasi. Ada beberapa hal penting yang menjadi atribut (titik berat) dalam hal kegunaan.
- Understandability
- Learn Ability
- Operability
- Attractiveness
Understandability adalah bagaimana tampilan aplikasi mudah dimengerti oleh pengguna.
Learn Ability adalah bagaimana tampilan aplikasi tersebut dapat dipelajari oleh pengguna secara cepat
Operability adalah bagaimana tampilan aplikasi tersebut dapat dioperasikan dan berfungsi secara baik, misalnya button save yang kita buat di aplikasi kita, harus bisa menjalankan fungsi save nya secara benar.
Attractiveness adalah bagaimana tampilan antarmuka dibuat menarik untuk digunakan.
Ukuran Keberhasilan Tampilan Aplikasi
Sebenarnya ada 3 hal yang lebih kita fokuskan dalam membicarakan kegunaan antarmuka dalam aplikasi :
- Keefektifan
- Efisiensi
- Kepuasan User
Untuk menentukan apakah tampilan yang kita buat dapat mendukung penggunaan aplikasi secara sempurna ada 5 indikator.
- Lama waktu user untuk mempelajari aplikasi dari tampilan tersebut.
- Kecepatan performa aplikasi
- Banyaknya error yang dihasilkan user ketika menggunakan aplikasi
- Waktu user untuk mengingat langkah - langkah pengoperasian
- Kepuasan pribadi
Macam - Macam Kategori Perancangan Desain
1. Sistem yang menyangkut nyawa manusia (Life Critical System)
Contoh : Pengatur Lalu-lintas udara untuk penerbangan, Software untuk dibidang medis
Biasanya :
- Harganya mahal
- Lebih fokus ke fungsi nya dan keefektifan dari fungsinya
- Tampilan yang kurang kaya dengan grafis
2. Sistem yang digunakan untuk Industri dan Komersial
Contoh : Aplikasi perbankan, Asuransi, Aplikasi Manajemen Inventaris.
Biasanya :
- Mudah dipelajari oleh User
- Kecepatan proses dan Error nya bergantung dari 'biasanya' harga yang dibayarkan
- Performa yang baik sangat penting karena berhubunga dengan transaksi
3. Aplikasi Rumahan dan Aplikasi Hiburan
Contoh : Word Processing (Aplikasi Pengolahan Kata)
Biasanya :
Contoh : Word Processing (Aplikasi Pengolahan Kata)
Biasanya :
- Mudah digunakan
- Interaktif desain
- dan Kemungkinan Error yang sedikit
4. Aplikasi Penjelajahan, Creative Application, dan Cooperative Application
Contoh : Aplikasi Web Browser, Aplikasi Arsitektur, dsb
Contoh : Aplikasi Web Browser, Aplikasi Arsitektur, dsb
Biasanya :
- Aplikasi ini dapat bekerja secara kolaboratif dengan User
5. Aplikasi Sosial Yang Melibatkan Banyak Orang
Contoh : Aplikasi Voting, Catatan Kriminal, Kesehatan, dll
Biasanya :
- Aman dan dapat dipercaya
- Mudah digunakan
Aplikasi Dengan Kegunaan Universal
Apa sih yang dimaksud aplikasi dengan kegunaan yang Universal ?
Aplikasi dengan kegunaan yang universal adalah aplikasi yang dapat dijangkau oleh orang-orang dengan berbagai macam karakteristik, budaya, kekurangan fisik, serta usia.Nah demikian beberapa hal dasar yang dapat dipelajari mengenai Pengenalan IMK. Materi selanjutnya adalah Guidelines, Priciple dan Theory.
Post a Comment